Sunshine Becomes You; Sepenggal Kisah dari Sudut Kota New York

Sunday, September 07, 2014


Saya belum pernah membaca buku-buku Ilana Tan dan Sunshine Becomes You bukanlah buku pertama Ilana Tan. Sebelum Sunshine Becomes You, Ilana Tan sudah menulis tetralogi 4 Musim. Dari beberapa ulasan yang saya baca, sebagian menyebutkan bahwa Sunshine Becomes You tidak ada apa-apanya dibandingkan empat novel sebelumnya.  Walaupun saya belum membaca novel-novelnya sebelumnya, agaknya saya setuju dengan beberapa ulasan tersebut.  Ini adalah novel roman, sudah tentu, siapapun bisa menebaknya hanya dengan membaca judul, melihat sampul buku, dan membaca quote sederhana yang tertera di sampul buku ini. Kisahnya teramat sangat sederhana. Jalan ceritanya sederhana. Diksi dan penurutannya sederhana. Konflik yang tercipta juga sederhana dan tanpa percikan  yang berarti kecuali di bagian ending yang agak mengaduk-ngaduk emosi. Mungkin hal-hal sederhana inilah yang membuat Sunshine Becomes You mendapat 'predikat' seperti itu.  
Jadi, Sunshine Becomes You ini bercerita tentang apa?
Mia Clark pertama kali bertemu dengan Alex Hirano di sebuah sekolah musik tempat Mia Clark menjadi salah satu pengajar di situ. Sayangnya, pertemuan tersebut terjadi dalam suasana yang tidak menyenangkan. Mia Clark terjatuh dari tangga dan menimpa Alex Hirano. Kecelakaan kecil yang berakibat besar. Lengan kiri Alex Hirano cedera dan membuatnya tidak bisa  melanjutkan konser pianonya di berbagai tempat. Mia Clark, yang seorang penari namun kemudian mendedikasikan dirinya hanya dengan mengajar menari, menjadi merasa bersalah. Karena kecerobohannya, akhirnya Alex Hirano 'rugi besar' akibat gagalnya 'proyek' beruntun konser pianonya. Karena rasa tanggung jawabnya, Mia memutuskan menjadi 'tangan kiri' Alex Hirano, juga menjadi 'pesuruh' di apartemen lelaki itu. Alex Hirano selalu memandang Mia Clark sebagai 'malaikat kegelapan'nya. Alex selalu bersikap dingin dan buruk kepada Mia Clark. Tapi, dia membutuhkan gadis itu, hanya untuk menjadi 'tangan kiri'nya dan pesuruh di apartemennya, tidak lebih dari itu. Setelah insiden jatuh dari tangga tersebut, Alex tidak bisa mengerjakan apa-apa.  Masalahnya, ketika Alex Hirano dinyatakan sudah hampir sembuh dan Mia Clark memutuskan akan berhenti mengurus Alex, Alex Hirano tiba-tiba mengatakan bahwa dia tetap membutuhkan Mia Clark di sampingnya. Bukan sebagai pesuruhnya, tapi sebagai orang yang diam-diam jiwa dan raganya membutuhkan gadis itu, mencintai gadis itu, sepenuh hatinya.   
***
Jika membaca garis besar cerita yang saya buat di paragraf di atas, ceritanya sangat tipikal 'Amore' atau 'Harlequin' sekali, tapi entah kenapa Gramedia memasukkan novel ini ke dalam genre Metropop. Mungkinkah karena saat itu genre 'Amore' belum diluncurkan oleh Gramedia? Tapi mereka menerjemahkan banyak novel Harlequin. 
Well, sebagai romance addict, saya bisa katakan bahwa saya terkesan dengan novel ini. Mungkin memang benar bahwa Ilana Tan tidak menceritakan sesuatu yang baru. Ya, tema cerita Sunshine Becomes You dengan ending yang seperti itu adalah cerita yang sangat usang. Ending seperti apa? Saya tidak bisa menuliskan sejenis spoiler di sini. Pembaca review belum tentu sudah membaca bukunya. Namun yang ingin saya katakan adalah bahwa Ilana Tan merupakan satu dari sedikit penulis Indonesia yang mampu membangun emosi pembacanya justru hanya dengan kisah yang usang, hanya dengan kalimat dan diksi yang biasa-biasa saja, dan hanya dengan eksekusi yang yeah... sering banget kejadiannya dalam novel roman.  Selain piawai membangun emosi, Ilana Tan juga mahir menciptakan karakter tokohnya hingga terasa hidup dan nyata. Kisah cinta yang mengharu biru antara Alex Hirano dan Mia Clark digarap secara mendalam. Maka jangan salahkan Ilana Tan jika kemudian kalian sampai jatuh cinta pada Alex Hirano, sebagaimana saya yang kemudian jatuh cinta kepadanya. Ya, boleh dibilang, Alex Hirano-lah pusat pesona dalam novel setebal 430 halaman ini.

Yang menyenangkan adalah meskipun novel ini ditulis oleh penulis dari Indonesia dengan mengambil latar di kota New York serta tokoh-tokohnya yang tidak seorangpun dari Indonesia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar –baik dan benar dalam arti yang sebenarnya. Saya seperti membaca novel terjemahan edisi terjemahan bagusnya.  Waktu-waktu belakangan ini, ada banyak penulis Indonesia yang menulis dengan mengambil latar tempat di luar negeri, dengan tokoh-tokohnya sebagian merupakan warga suatu negara misalnya, menggunakan bahasa asing dalam dialog atau deskripsi. Dan Ilana Tan nyaris tidak melakukan hal tersebut pada novelnya, kecuali pada beberapa kata saja yang dirasa memang harus menggunakan bahasa asing. Meskipun beberapa kalimat agak panjang dengan beberapa anak kalimat, tapi saya tidak merasa kelelahan membacanya. Agak panjang, ya, bukan terlalu panjang. Buat kalian -saya juga sebenarnya- yang ingin belajar menulis dengan tata bahasa yang baik dan benar, maka novel-novel Ilana Tan bisa menjadi salah satu koleksi. 
Meskipun genre metropop, novel ini bebas dari adegan seronok semisal 'sex before married'. Padahal semua tokohnya adalah warga Amerika. Oh well, Alex Hirano dan Mia Clark tidak sepenuhnya orang Amerika. Gen dalam tubuh mereka adalah gen Asia, tapi tentu saja, mereka lahir dan besar di Amerika, yang menganut gaya hidup bebas.  Apakah karena penulisnya adalah orang Indonesia? Mungkin saja. Buat saya, ini poin plus lainnya dari seorang Ilana Tan, yaitu usahanya meniadakan adegan-adegan vulgar dalam Sunshine Becomes You, dan semoga saja dalam novel-novelnya yang lain. Sebuah usaha yang membuat saya makin jatuh cinta kepada Alex Hirano. Alex Hirano memperlakukan Mia Clark dengan sangat sangat sangat manis. Perasaan cinta Alex Hirano kepada Mia Clark ditunjukkan dengan tidak harus adanya hasrat seksual saat ia menyentuh gadis itu. Mungkin ada, tapi mungkin penulis tidak ingin berfokus ke hal-hal yang begituan.
Ohya, ada satu dugaan yang mungkin saja saya salah, tapi saya yakin sebagian pembaca mungkin juga menyadarinya. Dugaan saya tersebut adalah sepertinya Ilana Tan adalah penggemar film atau drama Korea. Oh ayolah... ada banyak novel roman dengan premis cerita seperti Sunshine Becomes You. Tapi tetap saja saya tidak bisa melepaskan seruan "Ya ampun, ceritanya drama Korea banget!"
Tak percaya? Coba lihat!
Hari pertama Mia Clark bertemu dengan Alex Hirano, Mia tak sengaja terjatuh dari tangga dan menindih tubuh Alex Hirano.  (Halaman 19)
Karena perasaan bersalah, Mia Clark secara sengaja datang ke apartemen Alex Hirano dan menawarkan dirimya menjadi pesuruh Alex Hirano. (halaman 38)
Alex Hirano suka marah-marah dan Mia Clark suka memaafkan.
...ia perlahan-lahan bergeser ke arah Mia, lalu dengan satu tangan ia meraih sisi kepala Mia dan mendorongnya dengan hati-hati sampai bersandar di bahunya. (Halaman 146) >>> Oh My God! Adegan ini...
...sebelah tangannya merangkul bahu Mia dan tangannya yang lain diselipkan di bawah lutut Mia.  Dan tiba-tiba saja Mia sudah terangkat dari kursi dan berada dalam pelukan Alex. (Halaman 248) >>> adegan gendong-gendongan! Oh My God!
Alex Hirano mendongeng kepada Mia Clark, tentang seorang pangeran yang jatuh cinta pada seorang gadis desa. (Halaman 257-259). 
Astaga!
Banyak sekali adegan film dan drama Korea di sini, bukan? Tapi kalau kalian menyukai genre cerita drama, saya yakin kalian akan jatuh cinta dengan novel-novel Ilana Tan, Sunshine Becomes You salah satunya.  
4 bintang untuk Sunhine Becomes You!

7 comments:

  1. Kemarin sempat ingin beli tp kebayang kyk teenlit kebanyakan gk jadi deh.

    ReplyDelete
  2. Bukan teenlit ini, tapi metropop. novel dewasa. Beli deh bai, nggak rugi. aku sampe dua kali bacanya :D

    ReplyDelete
  3. Haha... Korea banget ya Kak :D Btw, ini novel dewasa? #glek!

    ReplyDelete
  4. Setelah 9 naskah novel berwarna suspense/aksi/spionase/konspirasi (naskah ya, belum terbit satupun T_T), sekarang sedang coba nulis naskah 'roman' yang pertama.

    Ulasan eqie ini buat saya, adalah training mini yang keren :)

    ReplyDelete
  5. hahaha cerita nya banyak yg di film2 korea .. kalau yg cewe jadi pembantu di apartemen aktor . trs entar aktornya jatuh cinta ..haha

    ReplyDelete
  6. betuuuul. drama Korea banget. Cuma karena yang menulisnya Ilana Tan, tetap suka deh, ahahaaa....

    ReplyDelete
  7. Sayid:
    Terima kasih sudah menjadikan tulisan ini sebagai training mini :Dl

    ReplyDelete

Peutimang Buku. Powered by Blogger.